Project Description

Suasana Saat Acara Indonesia-Panama Youth Forum

Esaunggul.ac.id, Dua mahasiswa Universitas Esa Unggul (UEU) terpilih mengikuti Forum Internasional bertajuk Indonesia-Panama Youth Forum yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Indonesia di Panama, Jumat 15 Juli 2022. Dua mahasiswa UEU yang terpilih tersebut yakni Nabila Abdurrahman Burhani Mahasiswi Fakultas Teknik dan Sarasvati Raja Guhyam Paviram Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Nabilla Saat menyampaikan Pemaparanya

Selain menjadi peserta, dua mahasiswa UEU tersebut juga menjadi pembicara dengan menyampaikan materi terkait isu lingkungan. Nabilla membawakan materi bertajuk The Role of Youth in The Face of Enviormental Crisis sementara Saras menyampaikan materi terkait Opinions on How Increase Cultural Exchange between Panama and Indonesia.

Dalam materi yang disampaikan dengan bahasa inggris Nabila mengatakan peran generasi muda terhadap perubahan lingkungan sangat besar. Sejumlah cara dapat dilakukan, pertama dengan mengedukasi terkait menjaga lingkungan dan melestarikannya.

“Pertama hal yang dapat kita lakukan yakni memberikan edukasi, tentunya hal pertama yang kita edukasi yakni diri kita sendiri dengan tidak membuang sampah sembarang, mengurangi pemakaian plastik dan melestarikan lingkungan. Setelah mengedukasi diri kita tentunya kita dapat mengedukasi masyarakat,” terangnya.

Nabila mencontohkan dirinya membuat sebuah edukasi terkait menjaga lingkungan seperti melakukan dialog dengan banyak elemen masyarakat, daily convertations serta weebinar seperti yang dia lakukan hari ini.

“Salah satunya saya juga membuat campaign edukasi dengan media sosoial terkait menjaga lingkungan,” terangnya.

Salah Satu Materi Nabilla

Hal kedua yang dapat dilakukan lanjut Nabilla yakni Unify atau menyatukan, hal yang dimaksudkan menyatukan yakni, bersatu menyamakan presepsi dan membawa sebuah pergerakan sosial guna menyelematkan lingkungan. Ketiga yakni memberi contoh, Nabila mengatakan anak muda saat ini sangat mungkin untuk memberikan pengaruh baik kepada generasi lainya lewat contoh prilaku dalam menjaga lingkungan.

“hal yang kita bisa lakukan selanjutnya yakni memaksimalkan kreativitas untuk membantu menjaga lingkungan. Kreativitas anak muda saat ini sangat luar biasa dan saya bisa katakan terdapat tiga kreativitas yang dimiliki oleh anak muda yang bisa dimanfaatkan menjaga lingkungan yakni kreativitas Sosial, kreativitas Bisnis dan kreativitas teknologi,” ucapnya.

Sarasvati Saat menyampaikan materinya

Sementara itu Duta Besar Indonesia untuk Panama yakni Sukmo Harsono mengapresiasi kegiatan ini sebagai langkah para anak muda Indonesia untuk menyuarakan isu lingkungan sebagai sebuah isu yang strategis serta dapat memberikan pengalaman berinteraksi dengan lingkungan global.

Duta Besar Indonesia-Panama

“Saya sangat bangga dengan para mahasiswa Indonesia yang berkesempatan hadir di sini, ini merupakan kesempatan yang luar biasa bagus untuk mereka mengembangkan diri dan pengalaman mereka ke depannya, mudah-mudahan para mahasiswa UEU semakin sadar dan aware terhadap isu lingkungan,” ucapnya.